Tag

, ,

Hardisk rusak kembali normal. Tulisan ini dibuat karena hampir selama kurang lebih dua minggu saya disibukkan dengan masalah komputer. Setiap kali masuk ke sistem windows selalu tiba-tiba merestart  dengan sendirinya. Kemungkinan ada beberapa masalah di dalam hardware atau mungkin masalah hardisk, jadi saya coba cek hardware satu per satu, tapi tetap masih belum menemukan masalahnya.

Akhirnya saya putuskan untuk menginstal ulang sistem windowsnya. Anehnya, ketika menginstal windows selalu menolak dan merestart kembali. Sungguh sangat membingungkan, sebenarnya apa masalahnya?! @?. Pernah terlintas dalam pikiran saya untuk membuang hardisk itu karena saya pikir sudah rusak dan tidak dapat dipergunakan lagi.
Ada dua kemungkinan kenapa hal ini terjadi, pertama: karena komputer sering tiba-tiba mati pada saat sedang berkerja sehingga dapat menyebabkan fisik hardisk rusak. Kedua, karena komputer yang berjaringan dan terhubung ke internet maka ada kemungkinan virus yang menyebabkan sistem windows menjadi terganggu.

Saya mencoba untuk menggunakan software seperti dban dan sebagainya, pernah sampai menghabiskan waktu seharian hanya untuk melakukan proses zero fill, tetapi cara ini tidak berpengaruh sama sekali, bahkan hanya membuang-buang waktu saja. Dan terkadang hardisk menjadi sangat panas, dan saya masukkan ke dalam freezer lemari es dibungkus dengan menggunakan plastik yang cukup tebal dan mendinginkannya selama 5 menit.

Akhirnya, saya mencoba untuk mencari sebuah software yang dapat memperbaiki kerusakan hardisk. Dan saya bertanya kepada penjual di toko yang khusus menjual software komputer, mengenai software yang dapat memperbaiki masalah hardisk tersebut. Dia menyarankan saya untuk menggunakan cd Hiren boot 15,1. Akhirnya  jadi coba menggunakan software tersebut, meskipun saya sendiri tidak tahu bagaimana cara  menggunakan software ini.

Saya nyalakan komputer dan masuk ke booting setup, dan mengatur booting dari DVD drive dan merestartnya. Setelah itu secara otomatis computer kita akan membooting dari cd hiren boot dan langsung masuk ke Program DOS. Di menus DOS saya pilih hardisk tool, dan memilih vendor hardisk kita, kebetulan hardisk saya pabrikan Seagate.  Kemudian pilih menu wipe tool, proses ini memakan waktu kurang lebih sekitar tiga jam. Proses ini benar-benar menghapus semua partisi yang ada dan membersihkan semua data yang ada di dalam hardisk. Jadi, saya anjurkan untuk membackup semua data penting yang ada di dalam hardisk terlebih dahulu sebelum melakukan proses ini. Dalam CD ini pun terdapat tool untuk membackup data. Setelah proses selesai, saya partisi ulang hardsik dan kemudian memformatnya dan pilih surface scan untuk memeriksa kerusakan pada permukaan hardisknya.

Setelah itu saya mencoba menginstal kembali sistem windows. Sulit dipercaya, hadisk saya sepenuhnya kembali bekerja tanpa ada masalah sampai tulisan ini dibuat. Setelah mencoba dan berusaha memperbaikinya selama kurang lebih dua minggu, Alhamdulillah akhirnya semuanya dapat teratasi dan kembali normal, sehingga saya bisa melakukan hal-hal lain yang lebih penting. Saya pikir masalahnya disebabkan oleh virus dari jaringan. Saya berharap artikel ini dapat membantu anda untuk memecahkan masalah sama seperti yang saya alami.

Hardisk rusak kembali normal…Selamat mencoba.